DPRD Klungkung Soroti Persiapan UNBK SMP, Ini Saran Mereka

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Menjelang Ujian Nasional tingkat SMP di Kabupaten Klungkung dan tahun ajaran baru, jajaran DPRD Klungkung melalui Komisi III yang membidangi pendidikan menggelar rapat kerja, di Gedung Sabha Mandala, kantor DPRD Klungkung, Bali, Kamis (27/4/2017).
Rapat kerja tersebut dihadiri anggota komisi III antara lain, Ketua komisi III Ni Komang Ayu Ningrum, Sekretaris Komisi III Putu Sri Handayani, anggota Komisi III Sang Nyoman Putra Yasa, Ketut Sukma Sucita, dan Wayan Sugati.
Serta menundang Plt Kadisdik Klungkung Drs Dewa Gde Darmawan MPd dan Kabid Pendidikan Dasar, Drs Ketut Suadnyana dan stafnya.
 
 
Pada kesempatan tersebut, Komisi III membahas kesiapan Disdik Klungkung untuk melaksanakan ujian berbasis komputer (UNBK) untuk seluruh SMP di Klungkung.
 
Ketua Komisi III, Ni Luh Komamg Ayu Ningrum meminta kesiapan Disdik untuk menangani ujian UNBK.
Pihak Disdik Klungkung melalui Plt Kadisdik Drs Dewa Gde Darmawan, memastikan hanya 1 sekolah yang akan melaksanakan UNBK yaitu sekolah SMPN 2 Semarapura.
 
Sementara itu, terkait masalah pelimpahan wewenang dari pihak kabupaten ke Provinsi Bali, Dewan meminta Disdik transparan terkait aset dan kesiapan sekolah dalam melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru.
 
“Intinya kami juga singgung terkait masalah penerimaan murid di awal tahun ajaran baru dan insfrastruktur penunjang, termasuk pengadaan SDM. Sementara, ujian nasional untuk tingkat SMP akan dilaksanakan mulai Selasa 2 Mei sampai 8 Mei yang akan datang,” ujar Ningrum.
Anggota Komisi III DPRD Klungkung lainnya, Sang Nyoman Putra Yasa berharap pihak Disdik bisa melakukan terobosan dengan pengadaan komputer siswa melalui CSR.
 
Ia juga meminta Disdik untuk sedini mungkin melatih siswa yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer.
“Nantinya secara psikis siswa siap mengikuti Ujian UNBK, kalau sudah dilatih lebih awal melalui pengerjaan soal,” kata Sang Nyoman Putra Yasa.
Menanggapi sorotan Dewan, Plt Kadisdik Klungkung, Drs Dewa Gde Darmawan MPd menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan satu sekolah yang pasti mengikuti ujian nasional berbasis UNBK yaitu SMPN 2 Semarapura.
 
Kesiapan SMPN 2 Semarapura mengikuti ujian nasional UNBK juga dipastikan oleh Kepala SMPN 2 Semarapura Made Arnawa SPd MM.
Menurutnya, sekolahnya siap melaksanakan UNBK mulai selasa 2 Mei sampai 8 Mei 2017 yang akan datang.
“Disdik sudah mempersiapkan pelaksanaan UNBK tersebut dengan melatih siswa yang akan beruji dengan mengikuti ulangan harian dengan sistem komputer, serta ulangan sejenis untuk mengasah kesiapan siswa. Adapun yang diikuti melalui UNBK ini antara lain bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan Bahasa Inggris,” ujar Plt Kadisdik Klungkung, I Dewa Gede Dharamawan. (*)
 
Sumber : http://bali.tribunnews.com