PEMBAHASAN RANPERDA APBD INDUK TAHUN ANGGARAN 2020

  • 26 November 2019
  • Oleh: Sekretariat DPRD Kabupaten Klungkung
  • Dibaca: 45 Pengunjung

Selasa 26/11, bertempat di Ruang Sabha Nawa Natya berlangsung paripurna I Pembahasan Ranperda APBD Induk Tahun Anggaran 2020. Dalam kegiatan tersebut dimpimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru didampingi Wakil Ketua DPRD Tjokorda Gede Agung, hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Forkompinda Kabupaten Klungkung, Sekeretaris Daerah, serta para Kepala OPD dilingkungkan Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Pada kesempatan tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam pidato nota pengantar Ranperda APBD Tahun Anggaran 2020, menyampaikan bahwa dengan pesatnya pembangunan yang dilakukan selama ini tampaknya masih belum dapat dinikmati dan dimanfaatkan secara merata oleh masyarakat sehingga permasalahan tersebutlah yang harus dikejar dan dituntaskan pada tahun anggaran 2020 nanti, sehingga pada tahun 2020 program-program pro rakyat miskin harus terus didorong guna mengatasi permasalahan tersebut.

Dirinya juga menambahkan, dalam hal pelayanan pendidikan berbagai indikator kinerja pelayanan pendidikan seperti rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka kelulusan dan putus sekolah menunjukan tren yang semakin bagus termasuk hal pemerataan kualitas pendidikan disekolah menjadi perhatian sehingga tidak ada lagi pembagian sekolah menjadi sekolah favorit maupun sebaliknya. Untuk itu pihaknya dalam tahun anggaran 2020 nanti, anggaran pendidikan dialokasikan 22% lebih dari total belanja.

Dalam bidang Kesehatan sendiri pada Tahun 2020 anggaran kesehatan dialokasikan sebesar 19,54% lebih, hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan antara lain untuk pemenuhan cakupan pelayanan kesehatan menyeluruh atau UHC (Universal Health Coverage), Penanganan Stunting, Pelayanan Kesehatan Bayi, penanganan dan Pencegahan Penyakit Menular dan tidak menular termasuk akreditasi utama puskesmas serta cakupan pelayanan rumah sakit guna terpenuhinya sarana dan prasaranan rumah sakit.

Sedangkan mengenai infrastruktur daerah, Bupati Klungkung yang bertindak sebagai Kepala Daerah akan terus melakukan pembenahan secara konsisten dan melakukan pembenahan dalam upaya pengurangan kesenjangan antar wilayah, pembangunan daerah ini selain didasarkan pada persoalan eksisting Kabupaten Klungkung, juga dirancang untuk mendukung prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Bali.


  • 26 November 2019
  • Oleh: Sekretariat DPRD Kabupaten Klungkung
  • Dibaca: 45 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Instagram Sekretariat DPRD Pemerintah Kabupaten Klungkung